RSS

Senin, 23 Juli 2012

Ramadhan : Tetap Bugar Saat Berpuasa

Assalamu'alaikum....
Selamat pagi, apa kabar semua??
Masih semangat kan puasanya? :)

Alhamdulillah ya kita udah memasuki hari ke-3 di Bulan Ramadhan ini. Nah biasanya ni di awal Ramadhan kalo puasa masih suka agak2 lemes gitu karena belum terbiasa. Kayak aku nih biasanya kalo udah jam 3 sore, beuh...udah lemes deh kayak ikan kehabisan air.hihihi makanya dulu jaman kelas 1-2 SD aku masih ngalamin tuh yg namanya puasa dzuhur, puasa ashar....hehehe tapi aku salut loh sama anak2 jaman sekarang mash kecil2 udah pada kuat puasa sebulan penuh! hebat! *cium kalian sayaaang*

Nah biar puasanya ga lemes n tetep bugar, aku punya beberapa tips ni yang mungkin bisa membantu kalian. Oke langsung aja ya, check this out!

1. Makan sahur
Usahakan untuk tak melewatkan makan sahur. Meski Anda mengantuk dan harus bangun di malam hari, namun makan sahur sangat penting untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi Anda selama berpuasa.
Nah, buat kalian yang suka ngebow aku saranin jangan begadang n jangan lupa pasang alarm minimal 3 benda yg distel bersamaan yah! oya jangan lupa taruh benda2 itu di dekat telinga pada saat tidur. kalo masih ga bangun juga coba ke THT deh, hehe


2. Batasi asupan lemak
Batasi makanan lemak saat berbuka puasa. Saat berbuka kemungkinan besar Anda akan langsung makan tanpa memikirkan kadar lemak yang dikandung makanan tersebut. Makanan manis seperti kurma sangat cocok untuk menambah energi saat awal berbuka puasa.
Kalo ga ada kurma bisa juga dg ngemut gula jawa loh guys!

3. Ikuti anjuran Rasul dengan aturan 1/3
Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk mengonsumsi 1/3 makanan, 1/3 cairan, dan menyisakan 1/3 ruang untuk udara.
Nahloh...tahan napsu ya jangan dipenuhi dg makanan semua perutnya tar kekenyangan jd males tarawih?hihihi
4. Konsumsi sayur dan buah-buahan
Buah-buahan segar banyak dijual selama puasa dan waktu berbuka. Jangan lewatkan kesempatan ini. Pastikan Anda juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin.
Oke tapi plis jangan makan mangga muda sama sambel waktu sahur kalo ga mau mules!
 
5. Berjalan setelah berbuka puasa
Setelah berbuka dan kekenyangan kebanyakan orang akan merasa malas dan mengantuk Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar rumah Anda setelah berbuka. Tak perlu terlalu jauh. Dengan berjalan dan merasakan perubahan suasana puasa akan membangkitkan kesegaran tubuh Anda, sehingga Anda tak malas untuk melakukan kegiatan selanjutnya.
Wah pas banget nih mau bulan Agustus bisa skalian buat latihan Lomba Gerak Jalan (?)

6. Sholat tarawih
Selain sebagai bentuk ibadah, sholat tarawih juga memiliki manfaat kesehatan. Ketika melakukan sholat tarawih, tubuh Anda melakukan banyak gerakan. Ini akan membuat tubuh tetap segar dan aktif. Selain itu, sholat tarawih juga bisa meningkatkan konsentrasi, stamina, serta menjalin silaturahmi.
Beneran sholat ya, ga janjian loh? hayo-hayo....hihihi

7. Sempatkan tidur siang singkat
Para ahli menyatakan bahwa tidur siang tak harus dalam waktu yang lama. Sekitar 15 menit tidur siang sudah cukup untuk membuat tubuh Anda segar kembali. Carilah empat yang tenang dan sempatkan diri Anda untuk tidur siang. Ini baik untuk mengganti jam tidur yang kurang di malam hari.
Berhubung tidurnya orang puasa itu ibadah, aku suka tidur siang lama bgt biar pahalanya juga banyak wkwk (niat ibadah apa emang suka malas2an?) ><

Nah, selamat mencoba ya kawan :)
tetep semangat n have a nice Ramadhan :D


Tips diadaptasi dari http://www.merdeka.com/sehat/7-cara-tetap-bugar-saat-puasa-ramadan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Learning, Sharing and Loving 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .